Jambore Nasional 2015

Serah terima Piala Pik-m Syahadah Umsu kepada Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang ikuit serta dalam kegiatan Jambore Nasional & Ajang Kreatifitas Remaja 2015 di Puncak, Bogor, pada tanggal 29 September s/d 02 Oktober 2015 pada ajang tersebut meraih prestasi berupa Juara III Nasional dalam kategori Dance GenRe dan Juara Harapan II dalam kategori Jelajah GenRe.

 

 

PIK-M Syahadah UMSU Gelar ‘Tebar Virus GenRe’ di Tanjung Balai

Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) Syahadah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggagas sebuah kegiatan baru benama Tebar Virus GenRe. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja baru dari PIK-M Syahadah UMSU.

BPH PIK-M Syahadah UMSU foto bersama dengan Walikota Tanjung Balai Dr Thamrin Munthe, M.Hum di Rumah Dinas Walikota.

Secara implementatif Kegiatan Tebar Virus GenRe bertujuan untuk memberikan informasi secaramasif kepada masyarakat tentang subtansi GenRe yakni Triad KRR (Seksualitas, NAPZA, dan HIV/AIDS), PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan), dan 8 fungsi keluarga.

PIK-M Syahadah UMSU yang merupakan PIK Unggulan Sumatera Utara berbasis pendidikan tahun 2015 merasa berkewajiban untuk melaksanakan program di luar kota Medan. Menurut KetuaUmum PIK-M Syahadah UMSU Dicky Ramadhan, Kota Tanjung Balai merupakan salah satu kota dengan kasus narkoba , HIV & AIDS , dan nikah dini tertinggi di Sumatera Utara.

“Hal ini mengetuk hati kami untuk terjun langsung memberikan wawasan kepadamasyarakat tentang subtasnsi GenRe melalui program Tebar Virus GenRe,” ujarnya.

KegiatanTebar Virus GenRe yang diadakan oleh PIK-M Syahadah UMSU dimulai dari tanggal 29-31 Januari 2016. Kegiatan ini memprioritaskan remaja ebagai sasaran utama untuk menyantap subtansi GenRe yang diberikan oleh PIK-M Syahadah UMSU.

Dengan memprioritaskan remaja, harapannya remaja Kota Tanjung Balai dapat menjadi gardat erdepan untuk membumikan subtansi GenRe di Kota TanjungBalai.

Sementara itu, Walikota Tanjung Balai Dr Thamrin Munthe M.Hum, mengaku sangat senang dengan hadirnya PIK-M Syahadah UMSU di Kota Tanjung Balai. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PIK-M Syahadah UMSU. Harapan saya masyarakat Kota TanjungBalai khususnya remaja dapat mengambil ilmu yang diberikanoleh PIK-M Syahadah dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Selain itu, kehadiran PIK-M Syahadah UMSU juga disambut hangat oleh masyarakat kota Tanjung Balai. “Saya sangat senang dengan kehadiran PIK-M Syahadah UMSU di kotaT anjung Balai, bagi saya tidak ada alas an untuk tidak mengistimewakan mereka,” ujar Gane frizal, salah seorang warga Tanjung Balai.

Serangkaian kegiatan dalam Tebar Virus GenRe yang di adakan oleh PIK-M syahadah UMSU adalah Peresmian Rusun GenRe, Pelantikan PIK-R SMAN 7, Penyuluhan kesekolah SMA & SMP se Kota TanjungBalai.

PIK UMSU kumpulkan 1.000 Tandatangan Peduli Pencegahan HIV/AIDS

PIK UMSU kumpulkan 1.000 Tandatangan Peduli Pencegahan HIV/AIDS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memperingati Hari AIDS sedunia pada 1 Desember 2014, Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa Syahadah (PIK-M Syahadah) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengumpulkan 1.000 tandatangan peduli pencegahan AIDS/HIV. Bentuk kepedulian dengan mengumpulkan tandatangan dari setiap mahasiswa di lingkungan kampus tersebut digelar kemarin sekaligus penggalangan dana. “Kegiatan ini dilakukan untuk mengingatkan mahasiswa agar menjauhi bahaya HIV/AIDS” kata Ketua Pelaksana, Gangga S Asmara, Sabtu (6/12/2014).

Dikatannya kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan PIK-M Syahadah yang bertujuan mengingatkan mahasiswa akan bahwa penyakit yang hingga kini belum ditemukan obat penyembuhannya. Selain mengumpulkan tandatangan dari setiap mahasiswa, kata Gangga juga menggalang dana yang nantinya kan didonasikan kepada para penderita AIDS.

“Kita juga menghimbau agar jangan menjauhi penderita HIV/AIDS tetapi dirangkul untuk mengurangi beban mereka.” Ungkap Gangga. Salah seorang mahasiswa yang ikut berpartisipasi, Trya Famelia Hasibuan mengganggap kegiatan tersebut sangat baik, karena menginformasikan kepada mahasiswa agar lebih waspada terhadap bahaya AIDS.

Sedangkan duta mahasiswa Genre BKKBN 2014, Dicky Ramadhan berharap agar ke depan kegiatan ini terus diadakan sebagai upaya menumbuhsadarkan terhadap bahaya HIV/AIDS dan menjauhi narkoba serta pergaulan seks bebas.